Halaman

Senin, 12 April 2010

INDONESIA

INDONESIA

Ibu Kota Negara : Jakarta
Batas Negara
Utara : Singapura,Malaysia, laut Cina selatan, selat malaka, dan samudra
Pasifik
Selatan : Samudra Hindia dan Australia
Timur : Papua Nugini
Barat : Samudra Hindia
Penduduk Jumlah penduduk tahun 2005 +/- sekitar 200 juta penduduk
Hasil Utama Minyak Bumi, Gas Alam, Logam, Rotan, Kayu, rempah-rempah,dll
Pemerintahan Republik dengan kepala Pemerintahan dan Negara Presiden
Bahasa Bahasa Indonesia
Agama Islam, Kristen, Katolik, hindu, dan budha
Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
Mata Uang Rupiah

Indonesia merupakan Negara dengan wilayah terluas di Asia Tenggara. Luas seluruh wilayah Indonesia kira-kira 9,8 juta km2 terdiri atas daratan seluas 1,9 juta km2 dan perairan seluas kira-kira 7,9 juta km2.
Wilayah daratan Indonesia terdiri dari 13.667 pulau, yang sudah punya nama dan berpenghuni sekitar 957 pulau. Dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia terdapat 5 (lima) pulau besar, yaitu pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dari ke-5 pulau tersebut, pulau Kalimantan dan Papua termasuk ke dalam5 (lima) besar pulau di dunia.
Secara Astronomis, Indonesia terletak diantara 6o LU - 11o LS dan 95oBT - 141oBT. Garis khatulistiwa (garis lintang nol derajat) melintasi kota Pontianak di Kalimantan Barat. Oleh karena wilayah Indonesia berada di dearah khatulistiwa, Indonesia hanya memiliki 1 (satu) iklim, yaitu tropis saja. Iklim tropis di Indonesia terdapat dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau di Indonesia biasanya terjadi di bulan April sampai dengan bulan September. Dan musim Penghujan (Hujan) di Indonesia biasanya terjadi di bulan Oktober sampai dengan bulan Maret.
Letak wilayah Indonesia pada garis bujur juga menyebabkan terjadinya perbedaan wilayah waktu. Di Indonesia terdapat 3 (tiga) daerah waktu, yaitu:
1. Daerah Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) yang meliputi Pulau Sumatra, Pulau Jawa , Pulau Madura, Provinsi Kalimantan Barat, dan Kalimantan tengah
2. Daerah Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) yang meliputi Pulau bali, Kepulauan Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Pulau Sulawesi.
3. Daerah Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) yang meliputi Pulau Maluku dan Papua.
Masing – masing daerah waktu yang berdekatan mempunyai selisih waktu satu jam. Jika dibandingkan dengan pedoman waktu internasional / GMT (Greenwich Mean Time), maka Indonesia terdapat perbedaan waktu sebagai berikut:
WIB sama dengan waktu GMT + 7 jam
WITA sama dengan waktu GMT + 8 jam
WIB sama dengan waktu GMT + 9 jam

Secara Geografis, Indonesia berada diantara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Oleh karena itu Indonesia disebut Nusantara. Nusaberarti Pulau dan antara berarti diapit. Indonesia juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudera pasifik dan Samudera Hindia. Samudera pasifik disebut juga Lautan Teduh.
Luasnya laut Indonesia dan letaknya yang diapit oleh dua Samudera, menyebabkan Indonesia dipengaruhi oleh laut tersebut. Beberapa manfaat karena adanyalaut di Indonesia antara lain sebagai berikut:
1. Kelembaban udara yang cukup tinggi. Itu sebabnya Indonesia sering disebut pula iklim tropis basah. Udara yang lembab berarti banyak mengandung air dan menyebabkan banyak turun hujanyang membawa berkah bagi bangsa Indonesia berupa tanah yang subur.
2. Angin laut yang juga dapat menyebabkan daratan tidak terlalu panas dan tidak terlalu kering pada siang hari di musim kemarau. Pada malam hari udara tidak terlalu dingin karena pengaruh laut yang hangat.

Ketika Benua Asia mengalami musim dingin, yaitu antara bulan Oktober – Maret, tekanan udara ditempat itu dalam keadaan maksimum atau tinggi. Sebaliknya di Benua Australia pada bulan tersebut sedang mengalami musim panas dan tekanan udaranya minimum atau rendah. Adanya perbedaan tekanan udara di Asia dan Australia menyebabkan terjadi aliran angin muson barat melalui lautan yang luas dan banyak mengandung uap air. Peristiwa itu berlangsung pada bulan Oktober- Maret. Aliran angin muson barat inilah yang menyebabkan terjadinya musim hujan di wilayah nusantara.
Benua Asia mengalami musim panas, yaitu antara bulan April - September, tekanan udara ditempat itu dalam keadaan minimum atau rendah. Sebaliknya di Benua Australia pada bulan tersebut sedang mengalami musim dingin dan tekanan udaranya maksimum atau tinggi. Dengan demikian terjadi aliran angin muson timur yang sedikit mengandung uap air. Sehingga mengakibatkan musim kemarau di nusantara.
Meskipun wilayah Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur yang menyebabkan musim hujan dan kemarau, ternyata perbedaan kedua musim itu tidak terlalu jelas. Hal ini disebabkan karena dimusim kemarau pun kadang – kadang turun hujan. Sebaliknya, pada musim hujan juga ada hari – hari carah dan tidak turun hujan. Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan ini biasanya disebut musim Pancaroba.

Secara Ekonomis, letak Indonesia sangat strategis kerana jalur Selat Lombok, Selat Makasar terus ke Laut Sulu sangat baik untuk pelayaran laut karena kedalamannya.



Kenampakan Alam yang penting di Indonesia.
Sebagian besar Indonesia merupakan tanah Pegunungan, dan sebagian lainnya dataran rendah dan sungai.
a. Pegunungan
Rangkaian pegunungan terdapat hampir diseluruh pulau-pulau besar di Indonesia terutama Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Bali, Pulau Nusa Tenggara Barat dan Timur, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku dan Pulau Papua.
b. Gunung
Beberapa gunung yang ada di Indonesia antara lain yaitu: Gunung Krakatau, Gunung Gede, Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung kerinci, gunung Dom, Gunung Rinjani, Gunung Saputan, Gunung Talang, Ghunung Leuser, dll.
c. Dataran rendah
Dataran rendah terdapat di Kalimantan bagian timur, dan sumatera bagian barat.
d. Sungai
Sungai-sungai yang ada di Indonesia ada yang bermuara di Laut Jawa, Samudra Hindia, selat Berhala (dekat Kep.Riau), dan teluk cendrawasih.
Sungai Tabai (Teluk cendrawasih), Sungai Ciliwung (teluk Jakarta / Laut Jawa), Sungai Ci Buni (Samudra Hindia), Sungai Kampar (selat Berhala),
e. Iklim
Indonesia terletak antara 6o LU - 11o LS dan 95oBT - 141oBT. Dan beriklim tropis.

f. Flora dan fauna
Sehubungan dengan letak geografis Indonesia, tumbuh berjenis - jenis tumbuhan dan hidup berbagai macam - macam hewan.
Flora
1. Di daerah yang beriklim tropis, tumbuh hutan rimba dengan berjenis - jenis pohon. Jenis tumbuhan yang ada di Indonesia bagian barat hampir sama dengan jenis tumbuhan yang ada di Asia.
2. Didaerah yang kurang hujan , banyak terdapat padang rumput (sabana dan stepa).
Didaerah yang banyak hujan, terdapat tundra (padang lumut)

Fauna
Jenis hewan yang ada di Indonesia juga cukup banyak. Dan lokasi geografis juga menentukan jenis hewan yang hidup diwilayah tersebut.
Sebagai contoh:hewan diwilayah Indonesia bagian barat cenderung sama dengan jenis binatang atau hewan yang hidup di Asia. Sedangkan hewan yang berada di Indonesia bagian timur (papua) cenderung sama dengan hewan yang hidup di Australia.
Sumatra : Harimau Sumatera, Orang utan Sumatera, Gajah Sumatera, dll.
Jawa : Banteng, Harimau, Kerbau, Badak, Kancil, dl.
Kalimantan : Orang utan Kalimantan, Gajah, dll.
Sulawesi : Kuskus, tapir, dll.
Papua : Kangguru, kuskus, dll.

1 komentar:

  1. hmmmmm. . . informasinya bagus. . . tinggal gambarnya aja yg belum ada. .

    BalasHapus