Halaman

Senin, 12 April 2010

Objek Wisata Bahari Indonesia

Objek Wisata Bahari Indonesia
Indonesia sebagai Negara kepulauan yang berada di Asia tenggara. Sesungguhnya memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan bidang pariwisatanya.. Beberapa modal diantaranya yaitu: Indonesia memiliki SDA (Sumber Daya Alam) dan SDM (sumber Daya Manusia ) yang cukup besar. Hal ini sudah merupakan suatu modal yang cukup bagi suatu Negara untuk mengembangkan pariwisata di negaranya.
Dimana Indonesia memiliki beberapa objek wisata yang ada di Indonesia, antara lain yaitu:
1. Objek wisata Sejarah
2. Objek Wisata Alam
3. Objek wisata Bahari
4. Objek wisata Kesenian dan kebudayaan,dll

Dari berbagai objek yang ada diatas, kita akan membahas tetang objek wisata Bahari yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia sebagai Negara kepulauan yang cukup besar, memiliki garis pantai yang cukup panjang didunia dan dilengkapi juga dengan pemandangan ekosistem bawah laut yang baik.
Dari penjelasan sekilas diatas, kita sudah dapat membayangkan kondisi yang sesunguhnya terjadi disana secara sesungguhnya. Untuk dapat membahas objek wisata bahari yang ada di Indonesia. Ada baikny kita bagi menjadi 2 (dua) yaitu objek wisata permukaan laut dan bawah laut.

1. Objek wisata permukaan laut.
Untuk objek wisata permukaan laut, hampir semua wilayah di Indonesia memilikinya. Terutama yang mempunyai garis pantai, seperti sepanjang pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku, papua, dan pulau-pulau lainnya.
Seperti di di laut bali, mentawai dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia, memiliki ombak laut yang cukup besar dan baik untuk olahraga laut seperti selancar, pemancingan di laut, dll.
Dan jika dikelola dengan baik, pengelola juga dapat menambahkan beberapa sarana dan prasarana modern di objek wisata tersebut seperti akses jalan, penginapan (hotel, motel, cottage), tempat belanja, sarana hiburan, restoran dll.

2. Objek wisata Bawah laut.
Untuk objek wisata bawah laut, hampir semua wilayah di Indonesia memilikinya. Namun Karena beberapa hal, seperti pemboman dan penggunaan zat kimia untuk mengambil ikan. Maka ada beberapa wilayah bawah laut di Indonesia mengalami pengerusakan ekosistem bawah lautnya, karena terumbu karang tempat habitat ikan dan makhluk hidup lainya menjadi rusak. Dan membutuhkan bertahun-tahun untuk memulihkannya. Di beberapa wilayah di Indonesia yang di jaga dan dilindungi untuk dijadikan objek wisata bawah laut. Tetap terjaga kelestariannya, bahkan menjadi salah satu objek wisata bawah laut terbaik di dunia, seperti yang ada di Lombok dan bunaken. Dan terdapat pula tempat objek wisata bawah laut milik Indonesia yang belum diekspose oleh media,salah satunya adalah wisata bawah laut papua yang masih alami dan masih terjaga kelesteriaannya.
Selanjutnya terserah anda mau berlibur di objek wisata bahari di Indonesia yang mana?
Selamat liburan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar